Selasa, 25 Maret 2014

Model Pembelajaran Talking Stick




MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK


Dosen pendamping : Mufidah, S. Pd., M.Pd






                                                            Oleh :

Ahmad yasir     (120401060199)







UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
2014






MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

A.    Sejarah Talking Stick

            Talking Stick (tongkat berbicara) adalah metode yang pada mulanya digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengajak semua orang berbicara atau menyampaikan pendapat dalam suatu forum (pertemuan antarsuku), sebagaimana dikemukakan Carol Locust berikut ini :The talking stick has been used for centuries by many Indian tribes as a means of just and impartial hearing. The talking stick was commonly used in council circles to decide who had the right to speak. When matters of great concern would come before the council, the leading elder would hold the talking stick, and begin the discussion. When he would finish what he had to say, he would hold out the talking stick, and whoever would speak after him would take it. In this manner, the stick would be passed from one individual to another until all who wanted to speak had done so. The stick was then passed back to the elder for safe keeping.

Artinya:

Tongkat berbicara telah digunakan selama berabad-abad oleh suku–suku Indian sebagai alat menyimak secara adil dan tidak memihak. Tongkat berbicara sering digunakan kalangan dewan untuk memutuskan siapa yang mempunyai hak berbicara. Pada saat pimpinan rapat mulai berdiskusi dan membahas masalah, ia harus memegang tongkat berbicara. Tongkat akan pindah ke orang lain apabila ia ingin berbicara atau menanggapinya. Dengan cara ini tongkat berbicara akan berpindah dari satu orang ke orang lain jika orang tersebut ingin mengemukakan pendapatnya. Apabila semua mendapatkan giliran berbicara, tongkat itu lalu dikembalikan lagi ke ketua/pimpinan rapat.
            Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa talking stick dipakai sebagai tanda seseorang mempunyai hak suara (berbicara) yang diberikan secara bergiliran/bergantian.



B.     Talking Stick Sebagai Model Pembelajaran Matematika

            Talking stick termasuk salah satu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokoknya. Pembelajaran Talking Stick sangat cocok diterapkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA/SMK. Selain untuk melatih berbicara, pembelajaran ini akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat siswa aktif. Langkah-langkah penerapannya dapat dilakukan sebagai berikut.
1)      Guru membentuk kelompok yang terdiri atas  5 orang.
2)      Guru menyiapkan sebuah tongkat yang panjangnya  20 cm.
3)      Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan para kelompok untuk membaca dan mempelajari materi pelajaran.
a)      Layang-layang
       








 
                                                                    =  diagonal 1
                                                                =  diagonal 2
                                                            Luas    =


 



b)      Trapesium
                                                   
                                                                                                        = sisi sejajar 1
                                                                                   = sisi sejajar 2
                                    t                                                                t    = tinggi
                                                                                                Luas  =
                                                     



4)      Siswa berdiskusi membahas materi (rumus) yang terdapat di dalam wacana.
5)      Setelah kelompok selesai membaca materi pelajaran dan mempelajari isinya, guru mempersilahkan anggota kelompok untuk menutup isi bacaan.
6)      Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada salah satu anggota kelompok, setelah itu guru memberi pertanyaan/ soal dan anggota kelompok yang memegang tongkat tersebut harus mengerjakan dan menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
7)      Siswa lain boleh membantu menjawab pertanyaan jika anggota kelompoknya tidak bisa menjawab pertanyaan.
8)      Guru memberikan kesimpulan.
9)      Guru melakukan evaluasi/penilaian, baik secara kelompok maupun individu.
10)  Guru menutup pembelajaran.


C.    Kelebihan dan Kekurangan
a)      Kelebihan:
1.      Menguji kesiapan siswa.
2.       Melatih membaca dan memahami dengan cepat.
3.       Agar lebih giat belajar (belajar dahulu).
b)      Kekurangan:
Membuat siswa gelisah, gundah gulana dan lain2 (becanda).

D.    Kesimpulan

1. talking stick dipakai sebagai tanda seseorang mempunyai hak suara (berbicara) yang diberikan secara bergiliran/bergantian.
2. Model pembelajaran ini membuat anak didik ceria, senang, dan melatih mental anak didik untuk siap pada kondisi dan siatuasi apapun.






DAFTAR PUSTAKA

Anitah, Sri.W dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta :Rineka Cipta.
Arikunto, S.2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi aksara.

Dikutip dari :
http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2014/2/41-macam-model-metode-pembelajaran.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar